Pemkab Serahkan Hadiah Pelunasan PBB – P2 Tercepat

DSC_0065PURBALINGGA, Dalam rangka  memberikan motivasi dan dorongan kepada aparat kelurahan, desa dan kecamatan. Disamping itu, agar lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya, sehingga pajak bumi dan bangunan (PBB) perdesaan/perkotaan (PP) dapat lunas  tepat waktu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga memberikan hadiah dan penghargaan kepada desa/kelurahan dan kecamatan.

“Pemberian penghargaan dan hadiah ini diberikan atas prestasi pemerintah kelurahan, desa dan kecamatan dalam pelunasan pemungutan PBB-P2 tahun 2014, atau sebelum tanggal jatuh tempo. Hadiah diberikan dalam bentuk uang tunai, barang dan piagam penghargaan,”terang Kepala Dinas Pengelolaan Penerimaan Dan  Kekayaan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Purbalingga Yanuar Abidin dalam laporannya pada acara Pemberian Hadiah Dan Penghargaan Pelunasan PBB-P2 Tahun 2014 di Pendapa Dipokusumo, Rabu (4/3).

Menurut Yanuar, salah satu dasar hukum kegiatan tersebut adalah Keputusan Bupati Purbalingga Nomor 973/126 Tahun 2015 Tentang pemberian hadiah dan penghargaan kepada desa, kelurahan, dan kecamatan yang berprestasi dalam pelunasan PBB-P2 tahun 2014.

“Kepada pemerintah kelurahan, desa dan kecamatan yang berhasil lunas paling cepat dengan urutan ranking I, II, III, IV sampai dengan V diberikan hadiah uang tunai piagam, dan penghargaan. Dan penentuan ranking pelunasan PBB-P2 ditentukan berdasarkan kecepatan waktu dalam pelunasannya,”tuturnya.

Yanuar  menambahkan, penentuan urutan ranking ditentukan berdasarkan jumlah nilai/skor yang lebih tinggi.

“Sedangkan nilai/skor dihitung berdasarkan jumlah rekapitulasi nilai dari jumlah besaran pokok ketetapan PBB-P2  serta jumlah SPPT PBB-P2. Adapun pemberian hadiah dan penghargaan sambung Yanuar  dibagi dalam delapan kelompok.  Untuk tingkat kelurahan/desa dengan  realisasi mulai dari  Rp 35 juta, selanjutnya realisasi Rp 35 juta  hinggga Rp 50 juta, realisasi Rp 50 juta hingga Rp 65 juta, realisasi Rp 65 juta sampai dengan Rp 80 juta serta untuk realisasi lebih dari Rp 80 juta. Dan untuk tingkat kecamatan dengan realisasi Rp 750 juta serta untuk realisasi lebih dari Rp 750 juta,”jelasnya.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto dalam sambutannya mengatakan, atas atas nama pemkab, mengucapkan selamat dan terima kasih, atas prestasi yang telah dicapai oleh pemerintah kelurahan, desa dan kecamatan.

“Saya ucapkan terimaksih dan selamat, atas prestasi yang telah dicapai, sehingga realisasi pemungutan PBB-P2 tepat pada waktunya. Bahkan ada yang lunas sebelum jatuh tempo. Harapan kami, agar prestasi yang telah dicapai untuk dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,”pintanya. (Sukiman)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.