PD BPR BKK Perlu Modifikasi Bisnis Sesuai Kebutuhan Nasabah

DSC_0750PURBALINGGA, Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto meminta PD BPR BKK Purbalingga terus mengembangkan bisnis sesuai dengan apa yang diperlukan oleh kostumer atau nasabahnya. Hal ini disampaikan Bupati saat Semarak Undian Tamades 2015 di Hall Bale Apoeng, Bojongsari, Sabtu (21/2).

“Agar lebih berkembang, lakukan modifikasi bisnis. Dalam hal ini direksi harus tahu deep need customer atau keinginan paling dalam dari kostumer. Apa yang paling cocok disini, itu yang harus difasilitasi,” ujar Sukento usai melakukan pengundian hadiah utama Tamades berupa satu unit mobil pick up Mitsubishi T 120 SS, yang dimenangkan oleh nasabah BPR BKK cabag Kantor Pusat Operasional atas nama Hermawan Suswanto warga Jalan Letnan Achmadi Purbalingga.

Selain modifikasi bisnis, jajaran PD BPR BKK juga harus bisa melakukan diversifikasi produk yang cocok dengan kebutuhan kostumer. Diiringi dengan upaya sindikasi dengan bank-bank lain supaya mendapat market share.

Culture atau budaya kerjanya juga harus diubah. Bagaimana dia (BPR BKK-red) bisa menjadi petarung yang tangguh. Bukan petarung di red ocean tapi petarung di blue ocean,” tambahnya.

Direktur PD BPR BKK Purbalingga Supriyono mengatakan, Semarak Undian Tamades 2015 merupakan bentuk kepedulian PD BPR BKK Purbalingga kepada para nasabah. Kepercayaan nasabah dan masyarakat Purbalingga kepada lembaga perbankan milik Pemkab ini dibalas oleh BKK dengan membagikan puluhan hadiah mulai dari Mobil, sepeda motor, TV, lemari es sampai pada tabungan.

“Hadiah utama memang sengaja berbeda dari tahun sebelumnya. Tujuanya agar hadiah yang diberikan tidak untuk konsumtif, tetapi dapat untuk mendukung usaha,” jelasnya.

Pada Semarak Undian Tamades tahun ini, lanjut Supriyono, PD BPR BKK Purbalingga memberikan hadiah utama berupa satu unit mobil pick up Mitsubishi T 120 SS, kemudian hadiah kedua berupa sepeda motor roda tiga Viar. Hadiah ketiga berupa tiga sepeda motor Honda Supra X 125cc, hadiah keempat berupa 12 sepeda motor Honda New Revo Spok dan hadiah kelima juga 12 unit lemari es. Selain itu juga ada 20 voucer  tabungan Tamades masing-masing berisi Rp 500.000.

Menurut data per Desember 2014, jumlah nasabah Tamades mencapai 70.000 orang dan Deposito sekitar 2.000 orang. Sedangkan jumlah penghimpunan dana hingga akhir 2014 Rp 266.213.082.000. Sementara dari total kredit yang disalurkan sebesar Rp 272.803.785.000, hingga akhir Desember ada 61 persen diantaranya terserap untuk pelaku UMKM dan 42 persen diantaranya terserap oleh pedagang kecil.

“Sasaran kita memang masyarakat menengah ke bawah yang mempunyai usaha mikro dan tidak tersentuh oleh perbankan umum. Pada 2017 nanti, targetnya terserap 70 persen,” katanya. (Hardiyanto)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.