Pemkab Purbalingga Serahkan Penghargaan Pelunasan PBB – P2 Tercepat

PURBALINGGA, INFO – Pemerintah Kabupaten Purbalingga memberikan hadiah dan penghargaan kepada Desa/Kelurahan, Kecamatan, Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), dan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) lunas tercepat. Hal ini dalam rangka memberikan motivasi dan dorongan kepada aparat Kelurahan, Desa dan Kecamatan. Disamping itu, agar lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya, sehingga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perdesaan/perkotaan dapat lunas tepat waktu.


“Pemberian penghargaan dan hadiah ini diberikan atas prestasi pemerintah kelurahan, desa dan kecamatan dalam pelunasan pemungutan PBB-P2 tahun 2017, atau sebelum tanggal jatuh tempo. Dan tahun ini pula Pemkab Purbalingga memberikan hadiah dan penghargaan bagi PPAT dan PPATS, karena mereka pula yang selama ini membantu Desa/Kelurahan dan Kecamatan pelunasan PBB juga dapat lunas tepat waktu,” kata Bupati Tasdi saat memberi sambutan dalam penyerahan hadiah dan penghargaan kepada Desa/Kelurahan, Kecamatan, PPAT, dan PPATS di Pendopo Dipokusumo, Kamis (14/12).
Ditambahkan Bupati Tasdi, Hadiah diberikan dalam bentuk uang tunai, barang dan piagam penghargaan. “Saya ucapkan terimaksih dan selamat, atas prestasi yang telah dicapai, sehingga realisasi pemungutan PBB-P2 tepat pada waktunya. Bahkan ada yang lunas sebelum jatuh tempo. Harapan kami, agar prestasi yang telah dicapai untuk dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” imbuhnya.
Sementara Kepala Bakeuda Kabupaten Purbalingga, Drs. Subeno, SE, M.Si menuturkan, untuk tahun 2017 ini Pemkab Purbalingga melakukan penyerahan hadiah dan penghargaan bagi Desa/Kelurahan, dan Kecamatan yang berhasil lunas PBB paling cepat dua kali, yakni pelunasan PBB untuk tahun 2016 beberapa waktu lalu dan pelunasan tahun 2017.


“Kepada pemerintah kelurahan, desa dan kecamatan yang berhasil lunas paling cepat dengan urutan ranking I, II, III, IV sampai dengan V diberikan hadiah uang tunai, piagam, dan penghargaan. Dan penentuan ranking pelunasan PBB-P2 ditentukan berdasarkan kecepatan waktu dalam pelunasannya,”tuturnya.
“Dari 224 desa di Kabupaten Purbalingga, 223 Desa telah melunasi PBB sebelum jatuh tempo atau tepat waktu tanggal 30 september 2017, namun ada satu desa yang melebihi jatuh tempo yakni desa Bojanegara Kecamatan Padamara. Namun demikian secara keseluruhan untuk tahun 2017 ini, seluruh Desa/Kelurahan dan Kecamatan di Purbalingga dapat selalu lunas 100% setiap tahunnya,” tegasnya.


Sedangkan penyerahan hadiah dan penghargaan terbagi atas beberapa Kriteria yakni tingkat Desa dengan realisasi Rp. 35 juta Juara I di raih desa Brecek Kaligondang, juara II sampai V diraih oleh desa Karangbawang Rembang, Sirandu Karangjambu, Sindang Mrebet,dan Karangnangka Bukateja. Kriteria tingkat Desa realisasi Rp. 35 juta – 50 juta juara I diraih desa Mrebet Kecamatan Mrebet, juara II – V diraih oleh Danasari Karangjambu, Lambur Mrebet, Pandansari Kejobong, dan Jingkang Karangjambu. Untuk Kriteria Rp. 50 juta – 65 juta juara I diraih desa Karangturi Mrebet, juara II – V diraih oleh Karangjambu – Karangjambu, Palumutan Kemangkon, Bojong Mrebet, dan desa Tajug Karangmoncol. Untuk Kriteria Rp. 65 juta – 80 juta juara I diraih oleh desa Karangbanjar Bojongsari, juara II – V diraih oleh desa Majatengah Kemangkon, Karangsari Karangmoncol, Tangkisan Mrebet, dan Pasunggingan Pengadegan, sedangkan Kriteria Rp. 80 juta ke atas juara I diraih oleh desa Serang Karangreja, unyuk juara II – V diraih oleh desa Gemuruh Padamara, Toyareja Purbalingga, Jatisaba Purbalingga, dan desa Jetis Kemangkon.
Sementara untuk Kriteria tingkat Kelurahan juara I diraih oleh kelurahan Penambongan, juara II – V diraih oleh Kedungmenjangan, Purbalingga Lor, Purbalingga Wetan, dan Kelurahan Bojong. Sedangkan untuk Kriteria tingkat Kecamatan dengan realisasi sebesar Rp. 750 juta predikat juara I diraih oleh Kecamatan Karangjambu, juara II – V diraih oleh Karangmoncol, Karanganyar, Kertanegara, dan kecamatan Kejobong. Serta untuk Kreteria Kecamatan realisasi Rp. 750 juta keatas Juara I diraih kecamatan Purbalingga, juara II – V diraih oleh Mrebet, Bukateja, Kutasari, dan kecamatan Kemangkon.
Penghargaan juga diberikan kepada PPAT yang berkontribusi besar, untuk Juara I diraih oleh Heri Prastowo Wisnu Widodo, SH, Juara II Ratnawati, SH dan Juara III diraih oleh Dyah Saraswati, SH. Sedangkan untuk PPATS Juara I diraih Camat Purbalingga, Juara II Camat Kalimanah, dan Juara II diraih oleh Camat Padamara.(PI-10)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.