Penghargaan Capaian Standar Tertinggi Diterima Purbalingga

Lagi-lagi penghargaaan diterima Purbalingga, kali ini penghargaan yang diterima berasal dari Kementrian Keuangan RI atas nama Pemerintah. Penghargaan tersebut diterima atas keberhasilannya dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2016 dengan predikat Capaian Standar Tertinggi beberapa hari yang lalu bertempat di Semarang.

Penyerahan penghargaan diserahterimakan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah kepada Kepala Badan Keuangan Daerah Drs. Subeno, SE., M.Si. bertempat di Kanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Jateng. Penghargaan ini diterima Purbalingga karena dinilai telah berhasil dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan yang telah memenuhi kriteria. Adapun kreteria yang dijadikan sebagai penilaian ada empat hal yaitu: Kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Kecukupan pengungkapan (adequate disclosure), Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan dan Efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Dari empat kreteria tersebut ternyata Purbalingga dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 setelah dilakukan penilaian ternyata mempunyai nilai bagus, sehingga mendapatkan penghargaan tersebut. Apabila Purbalingga mendapatkan predikat penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 5 kali berturut-turut, maka predikat Capaian Standar Tertinggi akan diserahterimakan secara langsung oleh Menteri Keuangan kepada Pimpinan Daerah dalam hal ini diterimakan oleh Bupati.

Implikasi dari penerimaan penghargaan tersebut, maka Pemerintah Daerah akan mendapatkan reward yaitu tambahan dana perimbangan dari pemerintah pusat berupa Dana Investasi Daerah. “Penghargaan yang barusan kita terima di Provinsi merupakan hasil kerja keras kita bersama dalam upaya mewujudkan Good Governance, untuk itu Saya sampaikan terima kasih dan appresiasinya” ungkap Subeno saat ditemui di kantornya.

Seperti diberitakan sebelumnya Purbalingga telah mendapatkan penilaian dalam hal Pengelolaan Keuangan Daerah. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan merupakan penghargaan yang pertama kali diterima oleh Purbalingga, dimana dalam penilaian pengelolaan keuangan daerah tahun sebelumnya belum pernah mendapatkan predikat opini tersebut.(PI-3)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.