PAD 2014 Ditarget 10 Persen APBD

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Purbalingga ditarget 10 persen dari APBD atau lebih dari Rp 111,38 miliar. Dalam tiga tahun terakhir, proporsi PAD Purbalingga terhadap pendapatan daerah diupayakan terus meningkat agar semakin menurunkan ketergantungan pada pemerintah pusat.
“Pada tahun 2012, proporsi PAD terhadap pendapatan daerah sebesar 8,7 persen, tahun 2013 naik lagi menjadi 9,1 persen dan tahun 2014 nanti naik lagi menjadi 10 persen,” ujar Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM saat membacakan Sambutan Bupati pada Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kabupaten Purbalingga Tahun Anggaran 2013 serta KUA-PPAS Tahun 2014 di DPRD Kabupaten Purbalingga, Rabu (31/7).
Menurut Wabup Sukento, PAD senilai lebih dari Rp 111,38 miliar itu bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, bagian laba usaha daerah dan lain-lain yang sah. Untuk Pajak Daerah ditarget lebih dari Rp 17,21 miliar atau naik 2,7 persen. Sementara untuk retribusi daerah ditarget hingga Rp 29,16 miliar atau meningkat 3,4 persen.
“Untuk bagian laba usaha daerah sebesar 10,37 miliar dan lain-lain yang sah sebesar Rp 53,63 miliar. Masing-masing naik 11,7 persen dan 16,2 persen,”  katanya.
Wabup mengakui untuk peningkatan PAD ini bukan hal mudah. Beberapa permasalahan ternyata masih menjadi kendala, diantaranya belum tersedianya data potensi beberapa sumber PAD yang valid. Selain itu, terbatasnya obyek pajak dan retribusi juga menjadi hambatan yang cukup penting.
“Kami juga harus menghadapi belum optimalnya upaya intensifikasi pemungutan pajak dan retribusi daerah juga keterbatasan penyertaan modal kepada BUMD,” jelasnya lagi.
SDM aparat pemungut pajak dan retribusi daerah juga masih sangat kurang. Sementara yang tidak bisa diabaikan, Wabup menilai masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi juga menjadi perkara berat. (humas/cie)

You may also like...

1 Response

  1. WilliamPymn says:

    WONDERFUL Post.thanks for share..more wait .. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *